Kawasan Integrasi 0 KM Resmi Beroperasi, H Ibnu Sina: Permudah Akses Transportasi Masyarakat Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 14 Januari 2024

Kawasan Integrasi 0 KM Resmi Beroperasi, H Ibnu Sina: Permudah Akses Transportasi Masyarakat Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama jajaran Forkopimda Banjarmasin dan pejabat SKPD lainnya secara resmi membuka launching Shelter Integrasi di kawasan Dermaga Siring 0 KM, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Banjarmasin Tengah, pada Sabtu (13/1) Sore.

Peresmian pun ditandai dengan Batapung tawar sekaligus doa bersama. Seperti diketahui, shelter tersebut mulai dikebut pengerjaannya pada September 2023 lalu bertepatan dengan momen Hari Jadi ke-497 Kota Banjarmasin dan siap beroperasi secara bertahap di tahun ini.

Disampaikan oleh Ibnu Sina, kawasan yang menjadi titik sentral integrasi transportasi atau 'Hub' tersebut merupakan sejarah baru bagi kota Banjarmasin.

Yang mana, Menurutnya, hadirnya shelter itu akan memberikan kemudahan serta rasa nyaman dan aman bagi siapapun yang menggunakan moda transportasi umum baik melalui jalur darat maupun sungai.

"Alhamdulillah, kawasan integrasi atau antar moda ini bisa kita resmikan hari ini, sehingga kemudian kawasan titik 0 KM ini bisa betul-betul menjadi titik sentral integrasi, interchange bagi berbagai moda transportasi yang ada," katanya.

Lanjut, masih ujar Ibnu, dengan beragam fasilitas yang telah tersedia termasuk 4 buah koridor utama yang ditopang oleh halte-halte representatif. Hal itu dapat meningkatkan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang ingin beraktivitas.

"Akses di sungai terhubung dengan kapal, kelotok, speedboat, dan berbagai angkutan sungai lainnya. Insyaallah tahun ini kita akan membangun sarana transportasi angkutan umum yang lebih representatif lagi termasuk kapal wisata. Doakan semoga bisa tewujud," ungkap Ibnu Sina disela-sela kegiatan.

"Kemudian akses darat, ada 4 sampai 5 moda transportasi yang bisa diakses diantaranya Bus Trans Banjarmasin, lalu Teman bus (Trans Banjarbakula), angkutan bandara termasuk angkutan online," tambahnya.

Lantas, Ia juga menyebut bahwa Bus Trans Banjarmasin sebagai tulang punggung dari transportasi kota Banjarmasin diharapkan agar dapat lebih diperkuat keunggulannya. "Saat ini kita sudah ada 4 koridor, mudahan-mudahan seiring berjalan waktu akan bertambah koridor lainnya," beber Ibnu.

Tak lupa, dirinya juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar dapat saling menjaga dan merawat hasil-hasil pembangunan kota Banjarmasin tersebut.

"Kita jaga kita rawat apa yang sudah dibangun, semoga dengan hadirnya shelter integrasi (dan halte-halte yang representatif) ini bisa menjadi akses untuk turun naiknya penumpang dengan nyaman dan aman," tandasnya. (Diskominfotik - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner